Rabu, 28 September 2016

Investasi Apartemen? Kenapa Tidak..



"Seiring langkah membangun negeri.. Pengalaman telah kuatkan kami.. Senantiasa membangun dengan hati, Dalam kebersamaan dan Harmony.." *bernyanyi ala paduan suara

Hayo tebak ini lirik lagu apa? Yes, ini sepenggal lirik lagu (atau hymne?) dari salah satu Developer property yang ada di Indonesia. Biasanya pas weekend tuh lagu ini sering terdengar melalui program acara di salah satu telivisi nasional. Saya sampai hapal lho lagunya full :D. Di acara tersebut, pihak pengembang mempromosikan berbagai properti yang siap dipasarkan, biasanya sih Apartemen. Tidak jarang pada saat program disiarkan, banyak unit yang sudah SOLD OUT. Jadi yang diiklankan hanyalah sisa unit yang belum laku terjual tentunya dengan harga spesial pada saat hari itu juga, soalnya hari senin harga akan naik lagi , hihi. Pertanyaannya saya kemudian adalah: Begitu antusiskah masyarakat Indonesia untuk membeli unit Apartemen? seberapa menjanjikan kah bisnis investasi properti khususnya apartemen ini?

Saya sendiri masih awam soal investasi di bidang properti ini. Apalagi saya adalah tipe orang yang lebih memilih tempat hunian di rumah pribadi yang memiliki halaman luas, punya tetangga yang kalau sore bisa bergosip bercengkrama bareng, dll. Jadi saya berpikir sepertinya tidak akan pernah tertarik untuk membeli unit sebuah apartemen.Tapi paradigma (ciee bahasanya) saya pun berubah setelah berkunjung ke sebuah Apartemen di Makassar yang masih dalam proses pengerjaan. Dan dengar-dengar sih Apartemen ini merupakan bangunan tertinggi di Makassar. Hmm..

maket Vida View
Saat itu saya dan beberapa teman berkesempatan mengunjungi Vida View Apartement Makassar . Kebetulan ada Ibu Dona, teman kami yang juga turut ambil bagian dalam pengerjaan proyek ini. Beliau kemudian menghubungkan kami dengan pihak Marketing dan selanjutnya kami diajak melihat-lihat beberapa show unit di apartemen ini.

Penampakan megah Apartemen VidaView via Drone. pic credit to @dona_she



Dari 3 tower yang dimiliki Vida View, tower 1 (Ashton Tower) sudah habis terjual lho. Sedangkan tower 2 (Brentsville Tower) masih dalam tahap pengerjaan tapi sudah banyak yg terjual juga. Nah disitu saya langsung berasumsi bahwa memang keinginan orang untuk memiliki unit apartemen ini termasuk tinggi. Apalagi nih, Vida View memberikan fasilitas bertaraf hotel bintang 5. Lokasinya juga strategis banget, terletak di pusat kota Makassar, bahkan gedungnya terhubung langsung dengan sekolah Internasional MADANIA. . Kata mba Angel dari pihak Marketing, pembeli unit mereka tidak hanya dari perorangan melainkan banyak juga dari perusahaan yang membeli khusus untuk hunian karyawannya. Wah saya jadi berpikir ulang nih. Walaupun tidak untuk ditinggali, investasi properti ini sangatlah menggiurkan. Kata mba Angel lagi, sejak pertama kali Vida View launching sekitar 3 tahun lalu harga per unit nya sudah naik hampir 3 kali lipat! Gimana ga menggiurkan coba.

Dari kunjungan singkat ke Vida View ini dan ngobrol bareng Mba Angel, saya cukup bisa mengambil kesimpulan tentang beberapa kelebihan investasi Apartemen:

  • Permintaan yang tinggi, dilihat dari sudah banyaknya unit yang sudah terjual. apalagi kalau lokasinya strategis seperti Apartemen Vida View ini
  • Passive Income yang  lumayan menguntungkan. Apartemen yang bernilai baik dari berbagai segi dapat mendatangkan keuntungan berkisar 10%-15% per tahun. Harga sewa per unitnya pun biasanya lebih tinggi dibandingkan sewa 1 unit rumah.
  • Fasilitas komplit bertaraf hotel berbintang. Tidak bisa dipungkiri, fasilitas lengkap tanpa rempong (pada dasarnya) merupakan dambaan kita semua. :D


 
Mba Angel sedang  menjelaskan beberapa fitur  unit yang ada di tower 2
foto-foto fasilitas yang ada di lantai 7 Vida View Apartment, tower- 2
View dari lantai 38, pic credit  to liadjabir.com
Mungkin sebagian orang ada yang beranggapan bahwa investasi apartemen tidak selamanya menguntungkan. Ya bisa saja, tergantung pintar-pintarnya kita memilih. Untuk menginvestasikan banyak uang pada bisnis properti ini kita harus jeli memilih perusahaan pengembang dengan citra yang sudah tidak diragukan lagi. Vida View Apartemen Makassar merupakan proyek yang sedang dikerjakan oleh Developer National ternama yaitu  Ciputra Group. Orang awam properti seperti saya pun sedikit banyak cukup tahu tentang nama besar pengembang ini walaupun Ciputra tidak memiliki hymne khusus yang saya hapal mati seperti lirik lagu dari pengembang yang saya ceritakan di awal tadi :)

Dan saya rasa, proyek properti yang dikembangkan oleh pengembang ternama tidak akan mengecewakan jika kita jadikan investasi untuk masa depan yang lebih cerah. Yuk #mariinvestasi ;)
 

8 komentar:

  1. foto bertigaaaaa itu hahahaha kayak ki semua penyanyi japan video klip di rooftop hahaha. nice post kak alfu, goodluck for us!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Penyanyi malaysia 😝 makasih qiah..gudlak for us!

      Hapus
  2. Saya juga tipe orang yg lebih pilih tinggal di rumah daripada apartemen, nda bisa ka kurasa goyang wkwkwkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihi..iya, kalau sekali-sekali bolehlah ya.. 😅

      Hapus
  3. Yaaay...akhirnya nyetor juga. Keren lohh foto2nya. Itu foto yg ber 3 lucu banget sihh. Good luck yaa buat kita ber4. Yg menang hrs makan2 hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak, akhirnya setor di detik2 penutupan lomba 😝 sepertonya saya peserta dengan tulisan tersingkat..hihi.. Foto bertiga kaya mandor proyek ya 😝 gudlak untuk semua 😘😘

      Hapus
  4. Saya belum ada investasi rumah, masih tanah :D huaaaa....boro2 apartemen...kalau disini beli apartemen, muahaal...ukuran mini bisa milyaran...nggak kuat mbak...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wihh mahalnyaa..t++api tetap saya mau ke greenland *eh..hihi

      Hapus