Jumat, 04 November 2016

-A- Little Project (part 1 -crochet-)




Holla! Siapa di antara kalian yang hobi nge-craft? Dari kecil biasanya kita sudah diajarin membuat karya keterampilan ya di sekolahan. Saya termasuk murid yang suka banget sama mata pelajaran keterampilan. Soalnya kita bisa bebas berkreasi dengan benda-benda yang ada di sekitar kita, dan tentunya bikin happy ga seperti mata pelajaran lainnya, hehe.

Setelah menikah, saya kembali tertarik dengan dunia craft. Mulai dari membuat produk kain flanel/felt, merajut, dan menjahit. Awalnya sih memang iseng-iseng saja mengisi waktu. Sampai akhirnya bertemu komunitas craft yang ada di makassar. Nah dari situ jadi semangat deh belajar craft lagi terutama merajut. Komunitas pertama yang saya temui yaitu QuiQui Makassar. Di sini kami berbagi ilmu tentang teknik  dalam merajut hingga membuat beberapa pameran dan workshop craft. Saat itu saya belum memiliki brand untuk produk-produk yang saya buat, hingga saya bergabung lagi dengan Komunitas fotografi (Kompakers Makassar) yang ternyata beberapa membernya juga tertarik pada dunia craft. Akhirnya kami sepakat membuat akun olshop di Istagram yang khusus menjual produk kerajinan buatan tangan. Nama olshopnya adalah Zukaa Craft. Saat itulah saya mulai memikirkan tentang brand yang akan saya gunakan untuk produk saya. Kebetulan dari dulu sudah punya beberapa ide nama brand sih, dan akhirnya salah satu terpilih dan dilaunching juga saat akun ZukaaCraft mulai beroperasi lebih dari setahun lalu, hihi.

-A- LIttle Project adalah nama brand yang saya pilih. Maknanya simple aja kok bisa jadi 'sebuah project kecil' ataupun 'project kecil-kecilan si Alfu' hahaha. Sebelum adanya brand ini, sudah lumayan banyak produk handmade yang saya buat,  diantaranya saya posting di blog beberapa tahun lalu. Silakan mampir di sini untuk melihat produk yang saya buat waktu masih awal -awal belajar merajut. Ada juga blogpost khusus produk Amigurumi yang saya tulis di sini, ada tas dan mobile case serta slippers and baby things . Kebanyakan produk yang saya buat malah untuk mengisi waktu saja itupun kalau lagi rajin. Banyak juga yang dikasih ke teman. Untuk jualan sendiri, saya lebih suka menjual produk yang ready stock karena saya tipe crafter by mood, hihi. Ada beberapa yang made by order sih kalau memang lagi semangat merajut. Pada dasarnya merajut bagi saya adalah hobi, kalaupun dapat bayaran yah itu bonus, hehe..

Namun sejak mengalami keguguran (hingga 2 kali) beberapa waktu lalu, semangat ngecraft saya menjadi sedikit berkurang. Dan saat ini saya sedang mengandung lagi , semangat ngecraftnya tambah menurun parah (lebih suka ngeblog sekarang, hihi). Kemarin iseng tengok galeri Instagram dan melihat beberapa produk handmade yang saya buat. Jadi kengen deh.

Baca juga DIY Pegboard by Paksuami

Nah kali ini saya ingin mengabadikan gambar produk handmade (rajutan) saya lewat blog. Semua gambar berikut merupakan produk yang saya buat setelah memiliki brand -A- Little Project. Jadi ya setahun belakangan ini dibikinnya. Sebagaian besar sudah Sold Out dan ada juga yang dikasihkan ke teman, hihi
Tag pertama saya , pesannya di IG @craftbyrini
Amigurumi pesenan teman. Waktu bikin ini polanya masih berbayar, untung ada teman rajuters mau berbaik hati membagikan pola yang sudah dia beli. Ternyata sekarang sudah banyak polanya beredar secara gratis..hihi

Pouch wedding, bikinnya lagi iseng aja setelah lihat pola gratisnya terpampang nyata di Pinterest. Akhirnya pouch ini dibeli oleh teman juga..Alhamdulillah ya..
Clutch pesta, dibikinnya untuk pameran dan Alhamdulillah laku.. Asiik
Mug Cozy
Instagram key cover

Minion Amigurumi. Sudah berpindah tangan ke teman juga ini..hehe


Strawberry stitch dengan menggunakan benang polyester. Lecet-lecet deh tuh jari.. 🙈

Tulip stitch triangle pouch
Frame pouch
Lense buddy, pesenan teman yang suka bangey sama segala sesuatu yang shabby and chic
Bros rajutan buat souvenir saat acara anniversary Kompakers Makassar
Frame pouch yang dengan menggunakan aplikasi yang saya bikin sendiri menggunakan teknik free embroidery. Pesenan teman di Jerman 😍

Topi dan sepatu bayi. Saya bikin 2 pasang karena yang ini pesanannya si kembar, hihi



Untuk post berikutnya saya akan 'memamerkan' produk jahitan saya yang jumlahnya masih sedikit itu 😂 semoga menginspirasi terutama buat yang baru belajar ngecraft juga seperti saya.



5 komentar:

  1. Wihhh.. Cantik-cantiknya kak alfu.. Bisa nanti kita diajari nihh.. Bgmana MAMs??? ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih Evhy.. Boleh, di Mams juga ada beberapa member yang bisa ajarin kok..hihi

      Hapus
  2. wah cantik2, aku juga suka banget merajut tapi ya mood2an juga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih, mbak..merajut emang enaknya pas lagi mood..kalau lagi buru2 dikejar dedline orderan jadinya bisa ga bagus yah..hihi

      Hapus
  3. aku juga suka crafting dan lagi nyari2 komunitas crafting di semarang nih,, sapa tau ada yang tau tolong colek aku yaaa,, sukses buat little projectnya dan selamat berkarya!

    BalasHapus